Sabtu, 03 November 2012

Perbedaan Desain dengan Grafik

Bismillah...

Okeeh, gw kembali lagi dengan postingan baru, setelah postingan yang lalu gw hapus karena ada kesalahan, maka gw kembali menulis, akan tetapi dengan tema yang berbeda...,

disini gw akan mencoba membahas tentang perbedaan Desain dan Grafik, yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat, tetapi gw berani bertaruh hampir semuanya tidak mengetahui perbedaan diantara keduanya  #eaaa

kenapa gw berani bertaruh? karena memang ga ada yang dipertaruhkan #gubrakk juga karena awalnya gw juga tidak tahu perbedaannya, tetapi dengan sedikir "little push" dari dosen, dan juga ga mau dibilang idiot padahal dari anak TI, gw memulai searching

ehem...

kata kuncinya adalah "perbedaan", pernah ga sewaktu kita bermain game(terutama untuk para gamer), melihat kualitas visual dari game
yang dimainkan kita ngomong "wuidiihh, cakep banget nih grafiknya!"? tentu pernah kan?

kualitas visual dengan detail yang memukau, kita menyebutnya dengan "grafik" kenapa kita tidak ngomong "desainnya bagus sekali?"

kenapa kita menyebut sebuah gambar (meskipun berbeda) dengan "grafik" dan "desain" disisi lain?padahal keduanya adalah suatu visual 3D atau 2D digital? disinilah topik kita dimulai

untuk menarik sebuah kesimpulan perbedaan, kita mungkin dapat melihat definisi dari desain dan grafik itu sendiri, 

Desain : Penyusunan rencana untuk pembuatan dan pembangunan sebuah objek atau sistem


Grafik : Presentasi visual pada sebuah bidang, untuk memberi informasi atau ilustrasi, presentasi visual dapat berupa tanda, text, atau gambar


Dapat kita lihat, dari definisi saja keduanya sudah berbeda, tetapi kenapa orang awam bisa mendapatinya sebagai 2 buah yang sama?

kita kesampingkan masalah itu nanti, sekarang kita berfokus pada kesimpulan yang dapat kita ambil...

jadi, Desain sendiri "masih" merupakan rencana, atau konsep dari sebuah objek, baik 3D atau 2D, misal Blueprint sebuah bangunan, atau sketsa dari sebuah lukisan, dapat disebut Desain, karena bukan sebuah barang jadi, merupakan sebuah konsep yang masih dibangun hingga membentuk sebuah objek 2D atau 3D...

jika sebuah Desain telah selesai dibangun, membentuk sebuah objek, maka disebut apakah objek itu? jika objek tersebut adalah sebuah presentasi visual seperti simbol, garis atau sebuah gambar maka itulah yang dapat disebut dengan Grafik,

Jadi, sebuah Konsep dibangun, kemudian dikembangkan --> Desain
Menjadi sebuah Objek yang dapat dipresentasikan di suatu bidang, menyampaikan suatu pesan atau informasi tertentu --> Grafik

Akhirnya kita dapat mengambil sebuah kesimpulan perbedaan dari Desain dan Grafik, sekilas mungkin terlihat sama, tetapi sebenarnya keduanya adalah hal yang berbeda, tetapi sebagian besar orang sering salah dalam mendefinisikan keduanya seolah sama


Yup

itulah, perbedaan dari Desain dan Grafik, menurut dari definisi keduanya sendiri, 


setidaknya itulah yang dapat gw jabarkan menurut pengamatan gw sendiri, dengan kedangkalan ilmu dan sedikit referensi, yang hanya menampilkan definisi desain dan grafik secara tersendiri dan cakupan yang luas, dipersempit hanya pada lingkungan visual, 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar