Selasa, 16 Oktober 2012

Grafik Komputer : Penerapan Grafkom dalam bidang Hiburan

Bismillah…





Hoaaahhmmmm, akhirnya gw kembali dari dunia hibernasi blogger, setelah sekian lama menganggur dan main PES dengan duka cita, gw kahirnya punya kemauan juga untuk beres-beres blog, dengan penuh motivasi dari tugas motivasi dosen.

Ehem…

Yup, kali ini gw hadir dengan tulisan bertema “Penerapan Grafik Komputer dalam berbagai bidang kehidupan” salah satu dari mata kuliah kesukaan gw, Grafik Komputer.

Apa itu Grafik Komputer?

Lalu apa itu Grafkom? Menurut Wikipedia Komputer Grafis adalah cabang dari Ilmu Komputer dan berkaitan dengan manipulasi visual content dan proses sistesisnya secara digital. Walaupun instilah ini sering
mengacu kepada komputer grafik 3 dimensi, tetapi sebenarnya juga mencakup grafik 2 dimensi
dan pengolahan citra.
Saat ini, kita dapat melihat penggunaan komputer grafis di berbagai bidang dan disiplin ilmu
seperti sains, keteknikan, seni, bisnis, industri, kesehatan, pemerintahan, hiburan, periklanan,
pendidikan, dan masih banyak lagi.      


Konsep Dasar Dari Grafik Komputer

Kegiatan yang Terkait dengan Grafik Komputer
  1. Pemodelan geometris: menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
  2. Rendering: memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
  3. Animasi: Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu
Kerangka Grafik Komputer Interaktif
  • Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara aplikasidandisplay hardware (GraphicsSystem)
  • Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
  • Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
  • Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain,manufaktur, visualisasi dll.
PemodelanGeometrisTransformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
Shape/bentuk, Posisi, Orientasi (cara pandang), Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur), Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya), Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna) dll.
Dasar Matematika yang Diperlukandalam Grafik Komputer
  • Geometry (2D, 3D) : Trigonometry, Vector spaces
  • Points, vectors, dan koordinat : Dot dan cross products
Elemen-elemen Pembentuk Grafik:
  1. Geometri
  2. Pemrosesan Citra untukDitampilkan di Layar
  3. Hardware Display Grafik :Vektor dan Raster
    • Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)
    • Raster (bitmap, pixmap), digunakandalam layar dan laser printer

Contoh Penerapan Grafkom dalam Dunia Hiburan

Setelah bingang bingung nentuin penerapan dalam  bidang apa yang mau gw bahas, akhirnya pilihan hati gw jatuh ke bidang hiburan, yang tentu saja karena gw menyukai dunia hiburan seperti film, animasi, hingga iklan di TV sekarang hampir semuanya menerapkan Grafkom.

Film





















Dari Film sebut saja Avatar, Transformer, Avenger dan masih buanyaaak lagi yang menggunakan Grafkom, yang sebagian besarnya adalah film fiksi.

Grafkom membuat semuanya menjadi lebih nyata untuk dilihat, lihat saja Avatar, seolah-olah kita benar-benar berada didunia Pandora, latar tempat Avatar, dan merasakan peperangan yang terjadi antara Bangsa Manusia dan Bangsa Na’vi, ketegangan yang terjadi dan tarikan nafas yang berat terasa benar oleh kita ketika menonton film tersebut..

Pandora, Latar Tempat Film Avatar


Avatar Trailer

Animasi

Bagaimana dengan Animasi? Jangan disebut lagi tentu saja SEMUA animasi menggunakan Grafkom, yang 2D ataupun 3D, contoh untuk 2D : Donal Bebek, atau animasi dari jepang atau kita sebut dengan Anime seperti Naruto, Bleach dan lain-lain. Untuk contoh 3D seperti Upin Ipin, Up, Escape from Madagascar atau Legend of Guardians : The Owl’s of Ga’hoole dan masih buanyaaak lagi dan tentunya hamper sebagian besar menarik untuk ditonton , disebabkan pemakaian Grafkom yang “Maximas” didalamnya.

Donal Bebek


The Legend of Guardians : The Owl's of Ga'hoole Trailer


Tools

Sekian banyak Tools Grafik Komputer yang digunakan dalam bidang hiburan, hanya sedikit yang gw tau, dikarenakan ilmu gw yang masih dangkal, tetapi disini gw akan share beberapa yang gw tau,

Blender

Software 3D Modeling ini masih menjadi senjata bagi para Animator untuk membuat suatu Animasi, dikarenakan sifatnya yang Open Source, dan tampilan yang sudah dipermudah, menjadikan perkembangan Blender menjadi pesat, selain untuk 3D Modeling dan Animasi, Blender juga dapat digunakan untuk membuat Game.
Blender Logo

Interfaces Blender

Maya

Mempunyai fungsi yang sama seperti Blender, tetapi Maya memberikan fitur-fitur yang tidak ada di software Open Source, tampilan jendela yang cukup mudah dan nama yang terkenal, Maya juga menjadi andalan Animator.

Maya

Maya Rendering


Adobe Flash

Perusahaan raksasa Adobe, yang terkenal untuk Software dalam bidang grafisnya, juga menyediakan satu Software untuk pembuatan animasi yaitu Adobe Flash.


Scratch


Ingin mengajarkan anak-anak tentang konsep Animasi? Tanpa harus mengerti cara menggunakan tools-tools sulit untuk Animator Professional, maka kita cukup menggunakan Scratch, dengan fitur Drag and Drop tanpa teknik-teknik khusus, kita dapat mengajari anak-anak.
Scratch

Scratch Interfaces


Virtual Reality

Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user berinteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan.





HOOAAAAAAAAAAAHMMMM
Kira-kira begitulah yang bisa gw dapetin tentang Penerapan Grafkom dibidang Hiburan, selain itu juga masih buanyak lagi, di era sekarang yang serba komputer dan virtual, Grafik Komputer adalah suatu hal yang lumrah, baik dibidang hiburan, Desain, kesehatan dan lain-lain

yup, inilah tulisan gw, sebagai seorang newbie, mohon maaf jika ada kesalahan 

CMIIW :D

Salam Blogger !!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar