Minggu, 26 Agustus 2012

Pengenalan Java : Hello World

Bismillah...

dari ane pertama kali belajar pemrograman, sampai sekarang, pembuka dari pengenalan sebuah bahasa pemrograman baru tidak lain dan tidak bukan adalah program yang mencetak "Hello World" dari Basic hingga Java, dosen atau buku yang ane ikutin hampir memperkenalkan bahasa pemrograman menggunakan pemrograman ini, entah mitos darimana atau sekadar iseng, Hello World seperti program wajib sebagai program pertama seorang programmer...

disini ane pengen bikin postingan buat programmer pemula, (yang udah pro atau lebih dar ane mendingan out, hehehehe) mengenai baris demi baris statement program Hello World.

ini dia programnya :

public class HelloWorld{
public static void main(String[] args){

System.out.println("Hello World!");
}
}
ketik di text editor(boleh notepad atau notepad++) lalu simpan dengan nama HelloWorld.java dengan format All Files,

kemudian bagi para pengguna windows yang telah terinstall Java dan disetting CLASSPATHnya (yang belum tau cara install java disini dan setting CLASSPATH disini) buka  Command Prompt (cari tau caranya disini) masuk kedirektori tempat kita menyimpan script java tadi lalu ketikan :


javac HelloWorld.java

jika sudah terkompile dengan baik lalu run program

java HelloWorld
Outputnya tidak lain dan tidak bukan adalah : HelloWorld

Logika :

dalam Java, semua program adalah objek, dan semua baris kode dibungkus oleh template objek yaitu class seperti pada baris kode kita :

public class HelloWorld{
disini kita membuat sebuah class dengan nama HelloWorld, ingat penamaan pada Java tidak boleh memakai spasi dan simbol terkecuali underscore("_"), dan juga nama difile ketika disimpan harus SAMA dengan nama kelas yang memiliki method main.

public static void main(String[] args){
kemudian kita mendeklarasikan method main, yaitu method yang akan dicari dan dieksekusi terlebih dahulu ketika program dijalankan, wajib ada disetiap program java yang kita buat, didalamnya baru kita dapat memanggil method2 alin atau kelas2 lain diluar method/kelas ini.

System.out.println("Hello World!");
 kemudian didalam method main, kita temukan sebaris statement ini, yang berguna untuk mencetak "Hello World!" yang mana dikenali sebagai String, umumnya kita dapat menggunakan System.out.println untuk mencetak output. meskipun java memiliki banyak cara untuk menampilkan output.

 begitulah tutorial singkat tentang program Hello World untuk pengenalan Java, bolehlah tanya, kritik dans aran dari agan2 semua :DD

CMIIW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar