Minggu, 26 Agustus 2012

Java : Variabel 1

amBismilah...





Sebelumnya ane sudah menjelaskan tentang konsep OOP, terutama pada Java, bahwa OOP memandang Program sebagai sebuah objek...

dan pada objek tentu memiliki nilai dan perilaku, yang jika diaplikasikan pada program maka program memiliki data sebagai nilai, dan method sebagai perilaku

Fokus pada Data sebagai nilai, sebelumnya ane juga menjelaskan tentang tipe data pada Java, maka disini akan menjelaskan sebuah unsur yang tak akan pernah hilang dari sebuah program, yaitu Variabel...

apa itu Variabel??? semacam sayuran??? #itu Vegetable yah...

ehem...

untuk bisa lebih memahami maka kita lihat contoh program Java berikut :


public class testVariabel1{
public static void main(String[] args){

int x=5;
System.out.println(x);
}
}
Output yang akan dikeluarkan oleh program tersebut adalah : 5

dapat kita lihat diatas kita mendeklarasikan sebuah variabel x dengan tipe data Integer yang diisi dengan nilai, kemudian dicetak sesuai nilai yang disimpan dalam variabel x tersebut, yaitu 5.

apa kesimpulannya? #liat muka Revalina S Temat dulu...

maka Variabel adalah "sebuah tempat penyimpanan nilai sementara yang dapat dimanipulasi atau diakses dalam alur program" baik bertipe data Integer, Char, Float, atau Array. nilai yang disimpan disebuah Variabel dapat diakses dengan menggunakan nama Variabel tersebut.

Jadi, peran Variabel pada alur Program tak terbantahkan alias mutlak, sebagai tempat penyimpanan yang dapat dimanipulasi isinya, kita dapat membuat sebuah program yang fleksibel tanpa harus mendeklarasikan Variabel baru,

contoh Program :

public class testVariabel2 {
public static void main(String[] args){

int x=5;
System.out.println("nilai x : "+x);
int x=10;
System.out.println("nilai x : "+x);
}
}
Output yang akan dikeluarkan :
nilai x : 5
nilai x : 10

dapat dilihat kita dapat mendeklarasikan sebuah Variabel dan memanipulasi hatinya sesuai kehendak kita,

hal-hal yang perlu diperhatikan untuk Variabel terutama pada Java
  1. Nama Variabel haruslah terdiri dari karakter dan angka, tidak memiliki spasi ataupun simbol-simbol kecuali underscore("_"). Contoh : x, HP, angka23, man_tap
  2. Memiliki tipe data  yang jelas, setiap variabel harus dideklarasikan dengan tipe data tertentu dan diisi dengan nilai yang kompatibel dengan tipe data Variabel tersebut
  3. Nama Variabel harus Unik dan berbeda satu sama lain, menghindari pemberian nama variabel yang sama yang akan merusak alur program.

Yepppp... itulah sekelumit kisah singkat pengenalan tentang Variabel
dipostingan selanjutnya (entah kapan) ane bakal share beberapa hal mengenai Variabel lebih lanjut, seperti deklarasi dan penamaan, manipulasi isi Variabel, daur lingkup Variabel, dll







Tidak ada komentar:

Posting Komentar