Senin, 17 Oktober 2011

Pengantar Internet dan New Media : Teknologi Touch Screen

Assalamuallaikum

well, akhirnya gw ngeblog lagi, setelah banyak maen kesibukan2 Kuliah gw, dan juga kendala lain yaitu... reparasi Komputer, yang akhirnya beroperasi kembali #elus monitor

miris banget liat blog gw, bkinnya udah lebih satu bulan, tapi postingannya cmn 4, *sigh
oyaaa, gw bru inget klo gw pnya tugas Pengantar Internet dan New Media, oleh karena itu(ceile)daripada kosong, berhubung gw jg ada tugas, marilah gw share dsini sbgai bahan pembelajaran kita semua, okeee?

tugasnya sih,.disuruh buat tulisan tentang Media Baru(translate dari new Media, hehehe) untuk kehidupan Manusia, berhubung pengetahuan
gw masih cetek, maka yang akan gw bahas gak begitu ribet amat, yaitu Teknologi Touchscreen

Paan tuh Touchscreen? apakah makanan? minuman? atau mainan?
daripada bingung mari kita tanya Mas Wiki

Touchscreen/Layar sentuh  adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri
maaf jika pertanyaan diatas kelihatan bodoh(maafin ye), kita semua pasti tahu tentang teknologi Touchscreen, apalagi dengan begitu banyaknya provider Gadget yang memanfaatkan teknologi ini di produk mereka, bahkan mungkin, anda sendiri sedang melihat postingan ini menggunakan Gadget yang memakai fitur Touchscreen, apa hal tersebut sangat membantu anda? pastinya ya.

Touchscreen banyak digunakan dalam industri manufaktur yang membutuhkan tingkat akurasi, sensivitas terhadap sentuhan, dan durabilitas yang sangat tinggi. Namun perangkat Touchscreen semakin lama semakin dapat ditemukan dalam perangkat-perangkat teknologi konsumen yang diproduksi secara massal, seperti pada Laptop, pemutar musik seperti iPod Touch, dan telepon genggam seperti iPhone atau Blackberry Storm. Hal ini dimungkinkan karena perangkat layar sentuh dapat dibuat dalam berbagai ukuran tampilan.

Secara umum, terutama pada gadget-gadget sekarang ini ada beberapa jenis teknologi touchscreen, yang paling banyak dipergunakan ada 3 jenis teknologi touchscreen, yaitu :
  • Resistive overlay, Tersusun atas dua lapisan tipis yang terbuat dari kaca atau polyester yang diselubungi dengan material penghambat dan dipisahkan oleh titik-titik pemisah yang tidak terlihat. Pada jenis ini, arus listrik mengalir pada seluruh bagian layar. Ketika tekanan diberikan pada layar, kedua lapisan tersebut saling berhimpitan yang kemudian menyebabkan perubahan aliran arus listrik. Melalui perubahan tersebut lokasi sentuhan terdeteksi.
  • Capacitive overlay, Di setiap sudut layar terdapat sirkuit yang berfungsi untuk mengukur kapasitansi. Sentuhan yang diberikan oleh jari atau alat penghantar lainnya yang merupakan konduktor pada layar menyebabkan gangguan pada kondisi elektrostatis. Gangguan tersebut menyebabkan perubahan kapasitansi. Perubahan yang terjadi terukur oleh sirkuit dan kemudian dipergunakan untuk mendeteksi lokasi sentuhan. Tipe ini memiliki daya tahan yang kuat serta tampilan yang jernih.
  • Infra Red, Dalam bingkai sentuhan atau layar terdapat jajaran dioda cahaya dan transistor foto yang masing-masing diletakan di dua sisi yang berlawanan untuk menghasilkan sebuah kisi dari cahaya infra merah yang tidak terlihat. Ketika jari atau alat penghantar lainnya memasuki kisi tersebut, cahaya infra merah yang dipancarkan dioda cahaya terhalangi. Foto transistor mendeteksi hilangnya cahaya dan mentransmisikan sinyal yang mengidentifikasi koordinat x dan y dari letak jari atau alat penghantar tersebut.
dengan penggunaan teknologi Touchscreen(atau kita sebut saja layar sentuh, i love Indonesia^^), memudahkan kita dalam banyak hal, terutama dalam pengoperasian komputer, yang awalnya kita menggunakan keypad untuk mengetikan karakter, serta mouse sebagai pointer, dengan teknologi layar sentuh, kita bisa melakukan kedua-duanya sekaligus hanya dengan menggunakan sentuhan jari.

selain komputer, teknologi layar sentuh yang terdapat pada gadget(Handphone, atau SmartPhone) juga sangat membantu,kita dapat memilih pilihan menu yang kita inginkan, tanpa perlu menggeser kursor, hal ini sangat membantu bagi kita yang terlalu sibuk untuk menggerakan kursor ketika bekerja, sehingga tidak mengganggu pekerjaan.

tidak hanya untuk personal, touchscreen juga membuat perubahan sarana publik, pada transportasi kereta api misalnya, jika sebelumnya, kita membeli tiket di loket, kini kita bisa membelinya dimesin pembeli tiket yang berteknologikan layar sentuh, hanya dengan memilih(yang pasti menyentuh) stasiun tujuan di layar monitor, kita akan mendapatkan tiket sesuai tujuan yang kita inginkan, hal ini juga mengurangi kesalahan pembelian tiket, yang biasanya disebabkan oleh keteledoran manusia.

penggunaan lainnya untuk publik adalah di Restoran dan lingkungan-lingkungan berbasis jasa lainnya yang dituntut untuk memiliki pola kerja dan target waktu pencapaian yang sangatlah cepat. Sistem layar sentuh sangat sesuai untuk lingkungan-lingkungan ini karena sangat mudah untuk dijalankan dan tidak perlu melewati langkah-langkah yang berkepanjangan.
Pelatihan untuk pegawai baru dapat dikurangi dan pekerjaan pegawai yang telah ada dapat dilaksanakan dengan waktu yang lebih cepat, sehingga meningkatkan efisiensi keseluruhan lingkungan tersebut.

sama halnya di Swalayan, sebuah terminal layar sentuh dapat digunakan untuk memperbaiki layanan terhadap pelanggan di toko-toko yang sangat sibuk, Misalnya, seorang pelanggan di sebuah toko cukup memasukkan data apa saja yang dibelinya tanpa perlu melewati antrian pelanggan lain.

dibidang pendidikan, teknologi layar sentuh juga banyak memberikan perubahan, dengan layar sentuh, terutama dalam hal interaktif, siswa akan lebih interaktif dan menyenangi pelajaran dengan teknologi layar sentuh yang dibarengi dengan animasi menarik, dibandingkan dengan hanya membaca sebuah buku dan diterangkan oleh guru, adalh sebuah metode lama yang dapat membuat bosan.

masih banyak lagi perubahan yang dibuat oleh teknologi ini, hampir semua bidang saat ini menggunakan teknologi layar sentuh untuk mempermudah perkerjaan, semua berubah hanya dengan satu teknologi.

tetapi, disamping kelebihan tentu ada kelemahan, sama halnya dengan teknologi layar sentuh, selain pengembangannya yang lumayan mahal, banyak kerugian lainnya, berikut keuntungan dan kerugian teknologi layar sentuh :

Keuntungan :
  • Terdapat kontrol dan interaksi langsung antara indera penglihatan dan indera peraba masukkan dan keluaran yang dihasilkan terdapat pada satu lokasi yang sama)
  • Adanya kemampuan untuk memasukkan dan mengawasi data secara cepat
  • Karena penggunaannya mudah, tidak diperlukan terlalu banyak pelatihan pengguna dalam mengoperasikan sistem layar sentuh
  • Hanya pilihan yang valid dan mungkin untuk diterima yang dapat ditampilkan
  • Mudah diterima oleh penggunanya
  • Tidak dibutuhkannya daya ingat penggunanya 
Kerugian :
  • Besarnya biaya pengembangan sistem layar sentuh sebagai teknologi yang belum lama digunakan dalam barang-barang yang diproduksi secara massal
  • Membutuhkan tambahan waktu dalam proses pemrogramannya
  • Kurang fleksibel untuk beberapa jenis masukkan tertentu
  • Kesalahan pada gambar yang ditampilkan akan menimbulkan kesalahan pengoperasian
  • Kelelahan yang dirasakan akibat mendekati layar secara berulang kali
  • Jari tangan seringkali menutupi tampilan visual layar 
  • Diperlukannya metode-metode baru dalam pemrograman perangkat halus
itulah Teknologi TouchScreen/Layar Sentuh, jenis dan cara kerja, Keuntungan dan Kerugian, serta pengaruhnya pada kehidupan Manusia, sangat terasa sekali bukan? mungkin hanya sebagian kecil dari kita di Indonesia yang merasakan perubahan akibat dari Teknologi layar sentuh, berdoa saja, semoga Negara kita ini mendapat kemajuan besar sehingga tak tertinggal dari Negara lain, Amin ya Allah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar