Kamis, 22 September 2011

Pengenalan Algoritma

Assalamuallaikum...

bagaimana kabar kamu? semoga sehat wal afiat, bagaimana keadaan disana? apa sering hujan? oke ini bukan tugas Bahasa Indonesia,

sebenerny wa sering bingung setiap bkin postingan, pengen bkin yg serius, ilmu belum memenuhi, pngen bkin yang becanda, ntar dibilang jayus, palagi bkin awalnya, pasti slalu bingung, ga percaya udah keliatan dari apa yg gw tulis dr 2 paragraf ini,

(nangkis sendal)

by the way, ini post sbnernya udah dbkin bbrapa hari yg lalu, akan tetapi(sengaja ditebelin biar dramatis), berhubung pirantinya rusak, dan sedikit bumbu ketidakingatan, ni postingan jd agak tertunda, samai saat paragraf ini disisipkan...


#np (Bunga Jiwaku by Yovie n Nuno)

okelah,  langsung saja pemirsa, kali ini gw bkal share ttg apa yg pelajari pertama kali tentang bahasa pemrograman, yaitu konsep pemikirannya sendiri menurut gw, yaitu Algoritma.

jeng jeng jeng

apa itu Algoritma? yang pasti bukan makanan, apalagi merek kosmetik, sekilas memang tulisannya hampir mirip dengan Logaritma, ttp keduanya berbeda, jika Logaritma adalah kebalikan dari pangkat eksponen dalam matematika, Algoritma tidak ada hubungannya dengan ratu bikin puyeng yg satu itu, meskipun dalam implementasinya nanti kita akan menggunakan logika matematika, tetapi pengertian Algoritma adalah (catet) : sebuah metode atau langkah langkah terstruktur untuk memecahkan suatu masalah.

that's it

masih bingung? biasalah pemula(nyolot mode on), ya, Algoritma adalah suatu metode, atau langkah, dalam menyelesaikan suatu masalah, atau pekerjaan tertentu, misal : kita ingin minum kopi, apa yang harus kita lakukan? apakah diam dengan mata terpejam lalu pas ngebuka mata ada kopi didepan mata kita? atau komat kamit baca mantra mbah dukun tolong kawinkan aku dengan si lela?

tentu tidak, bagi orang yg sotoynya ga kumat, jika ingin membuat segelas kopi, pasti hal pertama yang kita lakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya, yaitu kopi bubuk(atau kopi bijian kalo mau yang original) air putih, panci, teko, sendok dan gelas. kemudian kita ambil air menggunakan panci, lalu kita taruh panci berisi air keatas kompor, nyalakan kompor, ketika sudah mendidih angkat kompor, matikan kompor, kemudian tuangkan kedalam teko, selanjutnya kita masukan kopi bubuk kedalam gelas, kemudian masukan air panas, lalu kita aduk hingga larut dengan menggunakan sendok, kembalikan panci, teko, dan sendok, dan jadilah segelas kopi.

itulah Algoritma, yang mana? yaitu satu paragraf penuh diatas, yaitu langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah dalam membuat segelas kopi(oke oke, gw tw ini lebay, namanya jg bahasa pembelajaran) dr menyiapkan bahan hingga menjadi segelas kopi, itulah Algoritma.

untuk lebih jelasnya, begini :

Algoritma membuat segelas kopi
-menyiapkan bahan yaitu kopi bubuk, air putih, panci, teko dan sendok
-ambil air menggunakan panci
-taruh panci berisi air keatas kompor
-nyalakan kompor
-jika air sudah mendidih, angkat panci berisi air dari atas kompor
-matikan kompor
-tuangkan air panas dari dalam panci kedalam teko
-masukan kopi bubuk kedalam gelas
-tuangkan air panas kedalam gelas
-aduk hingga larut dengan menggunakan sendok
-kembalikan panci, teko, dan sendok

mungkin ente pada nanya, jadilah segelas kopi bukan algoritma, disini segelas kopi adalah hasil produk, atau tercapainya tujuan dari suatu Algoritma, yang disini kita ingin membuat segelas kopi, dengan Algoritma tersebut, hingga jadilah sebuah kopi.

sekali lagi itulah Algoritma GUA(capslock keteken), kenapa jadi punya gw, bukannya gw pelit atau apa, tp itu adalah langkah-langkah gw dalam menyelesaikan masalah dalam membuat segelas kopi, yang pastinya tidak sama dengan anda semua, karena setiap manusia memiliki pemikiran yang berbeda, bisa saja anda tidak usah menggunakan teko jadi dari panci langsung ke gelas(tumpah tumpah dah lu) atau sudah air panas sendiri jadi tinggal menuangkannya? atau lagi, anda ingin kopi manis, lalu ambil gula bubuk, ambil satu sendok dan aduk hingga larut? semua terserah anda karena itu langkah langkah ANDA(sorry, keteken lagi, nakal nih capslock).

satu hal lagi mengenai Algoritma, setiap langkah, harus jelas dan detil, dan tidak memiliki makna ganda(ambigu), contoh, jika langkah anda, hanya "tuangkan air panas"  langkah ini tidak jelas, karena air panas darimana yang anda tuangkan? kemana anda tuangkan? langsung kemulut anda karena saking hausnya kah? tentu tidak, contoh lain adalah "aduk hingga larut", dengan menggunakan apa? bisa saja anda mengaduknya menggunakan jari atau sendok bukan, dsini memiliki ambigu dan ketidak jelasan, mungkin secara logika, kita memang bisa menafsirkan langkah2 kita, tetapi itu hanya kita, karena itu langkah kita, dan yang mengerti hanya kita, belum tentu orang2 yg mengikuti langkah kita menafsirkan hal yg sama? seperti yg gw atakan di paragraf sebelumnya, its my method, find your own method(translate sendiri), intinya semua method harus jelas, dan tak berbelit.

jadi kesimpulannya, Algoritma adalah sebuah metode atau langkah langkah terstruktur untuk memecahkan suatu masalah. pada sesuatu masalah, masing2 orang mempunyai Algoritma yg berbeda2 dalam menyelesaikannya, karena setiap masing orang mempunyai pikiran yg berbeda, akan tetapi tujuannya sama, yaitu menyelesaikan masalah tersebut. Selain itu, Algoritma harus jelas dan tidak berbelit, dan mudah dipahami oleh orang lain, dan satu hal yang penting, semua harus didasari Logika.

sebagai Latihan bagi yg ingin lebih memahami(termasuk gw), kita bisa mencari suatu permasalahan(bukan buat masalah) yg sederhana, seperti apa yg dilakukan dari bangun tidur hingga pergi sekolah/kerja, mencuci pakaian, dan lain-lain, so, Good Luck for us. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar