Senin, 17 Oktober 2011

New Media for New Living

Assalamualaikum

1.    Definisi new media
New Media adalah media yang didalamnya terdiri dari gabungan berbagai elemen. Itu artinya terdapat konvergensi media di dalamnya, dimana beberapa media dijadikan satu, itu baru disebut new media. Contohnya : Seperti QuickTime movies, suara yang dimasukkan secara terpisah dan berjalan selama film berjalan. Karena tiap-tiap elemen memiliki independensi masing-masing, maka masing-masing dapat dimodifikasi / di-edit kapanpun.
New Media adalah media dapat mengoperasikan sifat otomatis dalam berbagai perangkatnya. Contohnya: Program edit gambar seperti Photoshop dapat dengan otomatis memperbaiki gambar hasil scan, membersihkan gambar dan meningkatkan kontras gambar.

2.    Sejarah New Media
Pada awal abad ke 19, terdapat berbagai pandangan yang menjadi tolak ukur dari berbagai pemikiran-pemikiran yang dapat menjadi perubahan di bidang industry. Setelah berbagai pandangan modern telah muncul, maka terdapat juga perubahan yang sangat besar dalam bidang media.
Media dan teknologi yang digunakan akan semakin bertambah seiring dengan perubahan zaman dan berbagai pemikiran yang bersifat modern. Dan para ilmuan pada masa itu sangat percaya bahwa berbagai pemikiran itu akan membawa transformasi manusia menjadi lebih baik lagi. 
Sebagai contoh perkembangan new media adalah computer. Dulu computer berukuran besar dan hanya sebagai analog sekarang sudah berfungsi lebih baik bahkan sekarang sudah ada laptop yang bisa dibawa jika berpergian.

3.    Komponen new media
Komponen new media yaitu handphone dan laptop





4.    Aplikasi new media
Seiring dengan perkembangan zaman,aplikasi new media bertambah banyak dan  bertambah pesat. Diantaranya adalah facebook  dan youtube.
1.    Facebook
Facebook sudah tidak asing ditelinga kita,dari anak-anak hingga orang dewasa berlomba-lomba membuat akun Facebook demi memperluas jaringan pertemanan.

2.    Twitter
Twitter adalah salah satu media sosial network yang sedang tren, dengan menggunakan akun Twitter ini, kita dapat berbincang-bincang dengan pengikut atau yang kita ikuti.
3.    Youtube
Sebuah media yang sering kita gunakan untuk melihat video, yang diupload oleh User, dengan memiliki akun dari media ini, kita bisa mengupload cideo milik kita sendiri.


5.    Manfaat New Media
Manfaat New Media banyak sekali diberbagai bidang berbeda, berikut beberapa manfaat New Media:
•    Bidang Pendidikan
Dengan adanya EBOOK,sangat memudahkan mahasiswa untuk belajar dan mencari materi serta lebih praktis.
•    Bidang Pemerintahan
Penggunaan komputer, memberikan kemudahan pengolahan data jumlah dana APBN.
•    Bidang Sosial
Facebook, Twitter, dan lain-lain, memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi lewat dunia maya
•    Bidang Transportasi
Penggunaan website resmi, memudahkan pengguna untuk melihat jadwal pemberangkatan via online
    Dan masih banyak lagi, manfaat New Media di bidang lainnya.

Sumber :
http://indarahma.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-new-media-dan-contoh.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar