Minggu, 23 Desember 2012

Tugas DPG : Kesimpulan

Bismillah...

Perkembangan teknologi berkembang sangat cepat, disertai dalam penerapannya dalam berbagai bidang, baik bidang pendidikan, kesehatan, pemerintahan, atau dalam bidang entertainmen seperti game dan hiburan.

contohnya, dalam bidang hiburan, yaitu penerapan teknologi grafika komputer, untuk membuat sebuah animasi baik 2D ataupun 3D, sehingga dunia fantasi, tak lagi menjadi khayalan didalam benak setiap orang.

grafika komputer sendiri termasuk berkaitan ilmu desain grafis, desain adalah sebuah konsep pembangunan sebuah objek dan grafis adalah presentasi visual dari desain, kemudian presentasi tersebut dapat "dibungkus" dalam bentuk grafika komputer, seperti film animasi yang sedang tren sekarang adalah hasil dari desain dan grafis.

sekarang, desain grafis sangat berperan besar dalam industri apapun,baik dalam desain produk sebuah perusahaan, atau desain iklan untuk menarik pelanggan, dan banyak hal lainnya.


salah satu manfaat belajar desain grafis adalah kita tahu bagaimana membuat sebuah desain visual yang menarik banyak orang untuk melihat, hal ini sangat penting dalam dunia TI, yaitu desain web, seorang web desainer harus tahu bagaimana memanfaatkan "psikologis" pengunjung web untuk keuntungan webnya.

penggunaan Image dan Warna adalah salah satu contohnya, seorang web desainer yang lihai dalam memadukan image dan warna akan bisa membuat sebuah web yang bagus, dan menarik. warna yang cocok akan menaikan kualitas web dan otomatis meninggikan rating, contoh penggunaan warna yang benar seperti warna hijau untuk web lingkungan atau sekolah, dan putih atau biru untuk web berita informasi.

tetapi, jika tidak bisa memadukan dengan baik, hal tersebut akan menjadi bumerang bagi webnya sendiri, pengunjung dapat dibuat pusing dengan web yang dia kunjungi, sehingga akan menurunkan kualitas dan rating web.

oleh karena itu, pengembangan teknologi dalam desain web sangat diperlukan, contoh dalam hal ini adalah HTML5 yang memudahkan web desainer dalam desain web, dengan memperahtikan desain dan grafis.

diatas adalah sebuah contoh sederhana, dari pemanfaatan image dan warna dalam mempengaruhi psikologis pengunjung, selain itu ada banyak teori dalam ilmu desain grafis, diantaranya adalah teori representasi, yang merupakan ilmu "bagaimana" sebuah simbol, warna atau gambar "mewakili" objek yang ada didunia nyata yang pernah dilihat sesorang, sehingga mengingatkannya pada objek tersebut, sebagai contoh adalah pada simbol pertamina, hal pertama yang terlintas dalam benak kita adalah sudah pasti sebuah Pom Bensin, sehingga mengingatkan kita akan bensin motor kita sekarang, dan "terpancing" untuk mengisi bensin dipertamina. 

Teori representasi memiliki beberapa sub teori, yang masing-masing memiliki pembahasan tersendiri dalam representasi objek, diantaranya adalah teori hubungan kausal, yang juga dibagi 2 yaitu teori transparansi yang menyatakan bahwa ketika kita melihat sebuah simbol atau gambar, sebenarnya kita melihat secara "tembu pandang" melalui gambar tersebut ke objek yang kita lihat, dan teori rekognisi, yaitu teori pengenalan kepada simbol atau gambar sebagai objek nyata, dikarenakan kita pernah melihat objek nyata tersebut.

selain teori representasi masih banyak teori lain didalam desiain grafis, untuk kepentingan visual.

dalam film animasi 3D, desain grafis sangat berperan penting dalam baik tidaknya sebuah film animasi, tanpa desain yang baik, animasi akan kehilangan keunikannya, dan juga jika grafisnya jelek, desain yang sudah baik akan sia-sia karena presentasinya jelek.

desain grafis pada dunia perkembangan teknologi komputer misalnya adalah ubiquitous computing, bagaimana memodelkan sebuah sistem jaringan perangkat dalam memenuhi kebutuhan seorang manusia, hal tersebut memerlukan pemodelan, kemudian dari model tersebut dibangun sebuah desaing, yang akan dipresentasikan kekehidupan nyata, sebagai contohnya adalah Smartcar, SmartHome dan masih banyak lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar