Hoaaahhmmmm, akhirnya gw kembali dari dunia hibernasi blogger,
setelah sekian lama menganggur dan main PES dengan duka cita, gw kahirnya punya
kemauan juga untuk beres-beres blog, dengan penuh motivasi dari tugas motivasi dosen.
Ehem…
Yup, kali ini gw hadir dengan tulisan bertema “Penerapan Grafik
Komputer dalam berbagai bidang kehidupan” salah satu dari mata kuliah kesukaan
gw, Grafik Komputer.
Apa itu Grafik Komputer?
Lalu apa itu Grafkom? Menurut Wikipedia Komputer Grafis adalah cabang
dari Ilmu Komputer dan berkaitan dengan manipulasi visual content dan proses
sistesisnya secara digital. Walaupun instilah ini sering
mengacu kepada komputer grafik 3 dimensi, tetapi sebenarnya juga
mencakup grafik 2 dimensi
dan pengolahan citra.
Saat ini, kita dapat melihat penggunaan komputer grafis di berbagai
bidang dan disiplin ilmu
seperti sains, keteknikan, seni, bisnis, industri, kesehatan,
pemerintahan, hiburan, periklanan,
pendidikan, dan masih banyak lagi.
Konsep Dasar
Dari Grafik Komputer
Kegiatan yang Terkait dengan Grafik Komputer
- Pemodelan geometris: menciptakan model matematika dari
objek-objek 2D dan 3D.
- Rendering: memproduksi citra yang lebih solid dari model yang
telah dibentuk.
- Animasi: Menetapkan/menampilkan kembali tingkah
laku/behavior objek bergantung waktu
Kerangka Grafik Komputer Interaktif
- Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara
aplikasidandisplay hardware (GraphicsSystem)
- Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra
dengan memanggil graphics library
- Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
- Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain,manufaktur,
visualisasi dll.
PemodelanGeometrisTransformasi dari suatu
konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan
pada suatu komputer :
Shape/bentuk, Posisi, Orientasi (cara pandang),
Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur), Volumetric
Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya),
Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna) dll.
Dasar Matematika yang Diperlukandalam Grafik
Komputer
- Geometry (2D, 3D) : Trigonometry, Vector spaces
- Points, vectors, dan koordinat : Dot dan cross products
Elemen-elemen Pembentuk Grafik:
- Geometri
- Pemrosesan Citra untukDitampilkan di Layar
- Hardware Display Grafik :Vektor dan Raster
- Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)
- Raster (bitmap, pixmap), digunakandalam
layar dan laser printer
Contoh Penerapan Grafkom dalam Dunia Hiburan
Setelah bingang bingung nentuin penerapan dalam bidang apa yang mau gw bahas, akhirnya
pilihan hati gw jatuh ke bidang hiburan, yang tentu saja karena gw menyukai
dunia hiburan seperti film, animasi, hingga iklan di TV sekarang hampir
semuanya menerapkan Grafkom.
Film


Dari Film sebut saja Avatar, Transformer, Avenger dan masih buanyaaak lagi yang menggunakan Grafkom, yang sebagian besarnya adalah film fiksi.
Film


Dari Film sebut saja Avatar, Transformer, Avenger dan masih buanyaaak lagi yang menggunakan Grafkom, yang sebagian besarnya adalah film fiksi.
Grafkom membuat semuanya menjadi lebih nyata untuk dilihat, lihat
saja Avatar, seolah-olah kita benar-benar berada didunia Pandora, latar tempat
Avatar, dan merasakan peperangan yang terjadi antara Bangsa Manusia dan Bangsa
Na’vi, ketegangan yang terjadi dan tarikan nafas yang berat terasa benar oleh
kita ketika menonton film tersebut..
Pandora, Latar Tempat Film Avatar
Avatar Trailer
Animasi
Bagaimana dengan Animasi? Jangan disebut lagi tentu saja SEMUA
animasi menggunakan Grafkom, yang 2D ataupun 3D, contoh untuk 2D : Donal Bebek,
atau animasi dari jepang atau kita sebut dengan Anime seperti Naruto, Bleach
dan lain-lain. Untuk contoh 3D seperti Upin Ipin, Up, Escape from Madagascar
atau Legend of Guardians : The Owl’s of Ga’hoole dan masih buanyaaak lagi dan
tentunya hamper sebagian besar menarik untuk ditonton , disebabkan pemakaian
Grafkom yang “Maximas” didalamnya.
Donal Bebek
The Legend of Guardians : The Owl's of Ga'hoole Trailer
Tools
Sekian banyak Tools Grafik Komputer yang digunakan dalam bidang
hiburan, hanya sedikit yang gw tau, dikarenakan ilmu gw yang masih dangkal,
tetapi disini gw akan share beberapa yang gw tau,
Blender
Software 3D Modeling ini masih menjadi senjata bagi para Animator
untuk membuat suatu Animasi, dikarenakan sifatnya yang Open Source, dan
tampilan yang sudah dipermudah, menjadikan perkembangan Blender menjadi pesat,
selain untuk 3D Modeling dan Animasi, Blender juga dapat digunakan untuk
membuat Game.
Interfaces Blender
Maya
Mempunyai fungsi yang sama seperti Blender, tetapi Maya memberikan fitur-fitur yang tidak ada di software Open Source, tampilan jendela yang cukup mudah dan nama yang terkenal, Maya juga menjadi andalan Animator.
Maya Rendering
Adobe Flash
Perusahaan raksasa Adobe, yang terkenal untuk Software dalam bidang
grafisnya, juga menyediakan satu Software untuk pembuatan animasi yaitu Adobe
Flash.
Scratch
Ingin mengajarkan anak-anak tentang konsep Animasi? Tanpa harus
mengerti cara menggunakan tools-tools sulit untuk Animator Professional, maka
kita cukup menggunakan Scratch, dengan fitur Drag and Drop tanpa
teknik-teknik khusus, kita dapat mengajari anak-anak.
Scratch
Scratch Interfaces
Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu
nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau
lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek
pemadangan 3 dimensi dan memampukan user berinteraksi dengan objek-objek yang
ada dalam lingkungan.
HOOAAAAAAAAAAAHMMMM
Kira-kira begitulah yang bisa gw dapetin tentang Penerapan Grafkom dibidang Hiburan, selain itu juga masih buanyak lagi, di era sekarang yang serba komputer dan virtual, Grafik Komputer adalah suatu hal yang lumrah, baik dibidang hiburan, Desain, kesehatan dan lain-lain
yup, inilah tulisan gw, sebagai seorang newbie, mohon maaf jika ada kesalahan
CMIIW :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar